Selasa, 24 Mei 2016

Lutung dahi putih Kalimantan


  Lutung dahi putih yang dalah bahasa latin disebut Presbytis frontata. Sayang jenis lutung endemik Kalimantan, Indonesia ini semakin hari semakin langka dan terancam punah.Lutung dahi putih oleh masyarakat sering disebut sebagai puan (Dayak), perut (Kayan), dan jirangan (Banjar dan Serawak). Dalam bahasa Inggris, monyet langka ini disebut sebagai White-fronted Langur, White-faced Langur, White-fronted Surili, atau White-fronted Leaf Monkey. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin), Lutung dahi putih dinamai dengan Presbytis frontata (Müller, 1838) yang bersinonim dengan Presbytis nudifrons Elliot, 1909.


Lutung dahi putih (Presbitys frontata)


  Ciri-ciri dan Perilaku Lutung Dahi Putih. Lutung dahi putih atau White-fronted Leaf Monkey mempunyai ciri khusus dengan adanya warna putih yang terdapat pada bagian kening yang tidak berambut. Bagian punggung ditumbuhi bulu berwarna coklat keabu-abuan dan bagian depan coklat kekuningan sedangkan ekor berwarna abu-abu kekuningan.Ciri khas lain dari lutung bernama latin Presbytis frontata ini adalah adanya jambul berbentuk kerucut di kepalanya. Juga ekornya yang panjangnya hingga satu setengah kali panjang tubuhnya.
   Lutung dahi putih yang disebut puan oleh masyarakat Dayak merupakan binatang yang aktif di siang hari. Aktifitasnya banyak dilakukan di atas pohon. Monyet langka ini termasuk binatang herbivore yang memakan pucuk daun muda, buah, dan biji-bijian, juga memakan serangga.binatang endemik Borneo Lutung ini tinggal di hutan dataran rendah. Lutung ini biasa ditemui di beberapa lokasi seperti bagian timur Sungai Barito (Kalimantan Tengah), Sungai Kayan, Sungai Segah , taman nasional Kutai, Sepaku, dan Balikpapan (Kalimantan Timur), Long Petah, Sungai Kayan, Sungai Mahakam, muara Sungai Barito, dan Puruk Cahu (Kalimantan Selatan), dan Taman Nasional Betung Kerihun (Kalimantan Barat).
 lutung dahi putih semakin langka disebabkan oleh berkurangnya habitat akibat kerusakan hutan yang terjadi di Kalimantan. Selain itu perburuan dan perdagangan ilegal.Karena semakin langka dan terancam punah,oleh lutung dahi putih dimasukkan dalam kategori langka.
Kerajaan: Animalia

 Filum: Chordata                                               

 Kelas: Mamalia

 Ordo: Primates

 Famili: Cercopithecidae

 Genus: Presbytis

 Spesies: Presbytis frontata

Referensi dan gambar:






1 komentar: